Welcome To Eko Cahyono Blog.

Sabtu, 25 September 2010

Air Terkontaminasi yang Harus Waspadai


Namun begitu, tidak semua air aman dikonsumsi. Air yang terlihat bersih, jernih, tidak berbau, bukan jaminan air tersebut berkualitas baik dan sehat untuk diminum. Tak semua kontaminan dapat dilihat secara fisik, dicium dan juga dirasakan dengan pancaindera. Berikut beberapa jenis kontaminan berbahaya dan sumbernya:
a.Timah, berasal dari bekas las pipa dan sejenisnya. Banyak terkontaminasi oleh logam timah dapat menyebabkan terkena penyakit anemia. Bagi anak dapat menghambat perkembangan tubuhnya.
b.Mikrobiologi juga mudah sekali berkembang biak di dalam saluran pipa dan juga tangki-tangki penampung sehingga akan sangat berbahaya jika terkonsumsi ke dalam tubuh kita.

c.Partikel akibat korosi dan karat pada saluran pipa juga tangkipenampungtermasuk berbahaya bilaterkontaminasi didalam air yang kita gunakan sebagai sumber air minum.
d.Vinyl Chlorida yang berasal dari pipa berbahan PVC.
e.Limbah industri yang lain seperti merkuri dapat menyebab-kan kerusakan ginjal. Radon dapat merangsang manusia terkena kanker lambung dan masih banyak kontaminan-kontaminan lain.
EPA (Environmental Protection Agency) memperkirakan 2-10 persen kanker kandung kemih disebabkan kontaminan berbahaya yang terdapat di dalam air.
Sumber :
Hamidin. 2010. Kebaikan air putih. Jakarta: Media Pressindo

Tidak ada komentar: