Welcome To Eko Cahyono Blog.

Sabtu, 09 Oktober 2010

Manfaat Air untuk Sakit Persendian

Olahraga sangat baik bagi kesehatan. Tidak hanya untuk fisik tetapi juga baik untuk pikiran. Akan tetapi, bagi pasien yang mengalami gangguan persendian, olahraga akan menjadi hal yang lumayan sulit untuk dilakukan. Untuk mengatasi rasa sakit ini, Anda bisa mengikuti terapi air. Dalam terapi ini, Anda tidak akan diminta minum air tetapi bergerak di dalam air.
Terapi air ini dikenal juga dengan terapi kolam atau juga disebut pool therapy, karena penyembuhan penyakit persendian tersebut dilakukan di kolam dengan suhu hangat. Terapi ini dilakukan dengan cara olahraga yang dilakukan di dalam air. Terapi air tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit khususnya masalah persendian dan kelumpuhan di bagian tubuh tertentu. Proses pemulihan dilakukan dengan memanfaatkan sifat-sifat air.
Salah satu keuntungan dari terapi tersebut adalah daya apung yang disediakan oleh air. Saat menyatu dengan air, daya apung air akan mendukung berat badan Anda. Dengan begitu akan mengurangi tekanan stres pada persendian. Sifat air yang seperti ini sangat berguna bagi Anda khususnya yang menderita arthritis, patah tulang, atau bagi Anda yang kelebihan berat badan. Pasien akan lebih mudah melakukan olahraga dengan adanya pengurangan stres pada persendian. Selain itu, rasa sakitnya juga akan berkurang.
Daya kelekatan air merupakan sumber peregangan yang bisa dengan mudah dipadukan dengan program latihan olahraga dalam terapi air. Daya regangan tersebut akan membantu meng-uatkan otot-otot tanpa memerlukan beban tambahan. Perpadu-an daya regangan dan daya apung air akan menguatkan otot-otot Anda. Proses tersebut akan mengurangi stres yang tentunya tidak akan bisa dilakukan di darat.
Terapi olahraga di air tersebut, juga memanfaatkan tekanan hi-drostatik untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki posisi per­sendian. Tekanan hidrostatik tersebut akan memproduksi tekanan vertikal ke permukaan tubuh. Tekanan ini akan memperbaiki posisi persendian Anda. Sebagai akibatnya, sensor-sensor sarafyang berakhir di otot, tendon dan persendian akan membaik. Dengan begitu, akan memperbaiki posisi tubuh. Hal tersebut sangat penting bagi Anda yang mengalami gangguan persendian (terkilir). Karena pada saat ligamen robek, kemampuan sensor-sensor saraf tersebut juga berkurang. Tekanan hidrostatik juga membantu mengurangi peradangan pada persendian dan jaringan lemah setelah mengalami cidera atau kelainan arthritis.
Di samping itu, kehangatan air yang bisa dinikmati sepanjang melakukan terapi akan merilekskan otot-otot dan melebarkan pembuluh darah. Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke area yang mengalami cidera. Karena itu, terapi ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami kejang otot, sakit punggung, sertafibromyalgici.
Tetapi, sebelum melakukan terapi, perhatikan dulu kondisi kesehat-an Anda. Bagi Anda yang memiliki penyakit jantung, demam, infeksi, atau masalah kandung kemih tidak disarankan mengikuti terapi.
Selain itu juga, untuk mengobati penyakit persendian yang Anda derita. Ada beberapa cara lain yang dapat Anda jalankan dalam melaku­kan terapi air untuk menyembuhkan penyakit persendian, yaitu:
pertama, mengonsumsi air putih secukupnya setiap hari. Karena air dapat berfungsi
membersihkan persendian dari zat asam yang berbahaya dan berbagai radang tulang dan persendian.
Kedua, penggunaan rendaman bunga sage atau berikil pohon maringa optera pohon
chamomile karena dapat membantu mereduksi radang persendian, baik untuk diminum amupun dikompres.
Ketiga, cara membuat rendaman adalah dengan menambahkan dua sendok tanaman herbal yang dihaluskan ke dalam cangkir air panas, lalu tutup, dan biarkan meresap selama 15 menit lalu saring.
Keempat, ada baiknya seseorang menyirami badannya dengan air hangat melalu shower selama 15 menit dan diikuti dengan air dingin selama 5 menit. Lebih baik, arah shower ke sendi yang sakit.
Kelima, bila tidak sanggup menyirami sendi dengan air dingin setelah air hangat, maka kompreslah sendi Anda dengan air dingin atau dengan es saja langsung, setelah disiram dengan air hangat. Terapi ini sangat berpangaruh untuk mengurangi rasa sakit pada punggung karena usia
Keenam, olahraga renang sangat berguna karena berpengaruh untuk melenturkan gerak persendian.
Ketujuh, melakukan beberapa olah raga ringan ketika mandi, hal tersebut dapat mengurangi rasa sakit. Misalnya, untuk persendian tangan atau kaki, rendam tangan atau kaki Anda di dalam air lalu gerakan tangan atau kaki Anda ke depan dan ke belakang (dorong-tarik) selama beberapa kali.
Kedelapan, untuk mengobati sakit persendian tangan, letakkan sarung tangan dari kapas atau kain wool di dalam freezer untuk didinginkan selama 15 menit atau lebih. Kemudian, cucilah kedua tangan Anda dengan beberapa jenis air, mulai dengan air dingin, air hangat, lalu air panas. Setelah itu, langsung pakailah sarung tangan tadi. Lepaskan sarung tangan tadi kemudian cucilah dengan air biasa setelah 10 menit. Kemudian pijatlah kulit kedua tangan selama 15 menit dengan menggunakan minyak zaitun.
Dari beberapa cara untuk penyembuhan penyakit persendian, untuk menghindari apa-apa yang tidak Anda inginkan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum melakukan terapi.

Sumber :
Hamidin. 2010. Kebaikan air putih. Jakarta: media pressindo.

Tidak ada komentar: